Minggu, 21 Oktober 2018

Tugas Pengantar Teknologi Internet dan NewMedia


Konsep Serta Penerapan New Media di Berbagai Situs

·        Konsep Dasar New Media

Pengertian NewMedia

New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. dan terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum, dsb.  Sedangkan pengertian NewMedia menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut :

Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif.

Menurut Ron Rice mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.

Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.

·        Sejarah Internet

Awalnya merupakan suatu rencana dari Departemen Pertahanan AS, pada akhir tahun 60-an. Dimulai dari sutu proyek yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Projects Agency 2 Network) yang dibantu oleh UCLA, Standford, UC Santa Barbara dan University of Utah. Mereka berhasil menghubungkan 4 komputer di antara lokasi Universitas tersebut.. Pada tahun 1977 ARPANET menghubungkan lebih dari 100 mainframe dan saat ini terdapat 4 juta host jaringan yang terhubung pada jaringan ini. Karena perkembangannya sangat pesat, Jaringan Komputer ini tidak dapat lagi disebut sebagai ARPANET karena semakin banyak komputer dan jaringan - jaringan regional yang terhubungseperti SuraNet, PrepNet, NearNet, AARNET, yang saling dikoneksikan bersama sebagai satu kesatuan dengan menggunakan TCP/IP Protocol. Untuk itu konsep tersebut kini disebut sebagai Internetworking atau dikenal dengan istilah INTERNET.

·        Manfaat Penggunaan Internet

1. Menambah Wawasan
2. Lebih Efisien
3. Memudahkan Komunikasi
4. Meningkatkan Penguasaan Bahasa Asing
5. Mendorong Kemandirian
6. Sarana Pendidikan Jarak Jauh
7. Sebagai Sarana Hiburan
8. Memudahkan Pekerjaan
9. Untuk Menjalankan Bisnis Online
10. Berbelanja Online

·        Manfaat dan Kekurangan NewMedia

New Media memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

o   Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
o   Sebagai media transaksi jual beli
o   Sebagai media hiburan
o   Sebagai media komunikasi
o   Sarana pendidikan

Namun New Media juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu :

o   Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.
o   Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
o   Mudahnya akses situs yang berbau pornografi dan kekerasan.
o   Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring sosial.

·        Komponen NewMedia

Pada new media ada beberapa komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai juga media yang digunakan  agar dapat berhubungan dengan new media,diantaranya adalah sebagai berikut:

o   Produsen merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.
o   Distributor adalah sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.
o   Konsumen adalah orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.

1.      Internet & Web
2.      Personal Komputer (PC) / Notebook
3.      DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
4.       
5.       
6.      VCDs (Compact Discs)
7.      Portable Media Player.
8.      Mobile Phone.
9.      Video Game/ Game Computer.
10.  Virtual Reality

·        Aplikasi NewMedia dalam Berbagai Situs

Seiring dengan perkembangan teknologi, pasti banyak sekali produk-produk multimedia yang semakin banyak akan kita ketahui. Baik itu melalui media massa, ataupun media elektronik seperti internet pada saat ini. Begitu pula berbagai jenis aplikasi new media yang juga sudah banyak digunakan masyarakat. Berikut contohnya:
o   Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita dan informasi tertentu.
o   CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
o   Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan ( streaming) dan berita secara audio visual.
o   Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung dengan sesama user yang sengaja dibagikan kepada publik.
o   BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).


Daftar Pustaka

4.      https://arifindwicahya.blogspot.com/2015/10/definisi-manfaat-komponen-dan-aplikasi.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar