Senin, 02 September 2019

Adab Kehidupan dan Akhlak Kenabian


Pemateri : Kak Rizky Rizaldy
Oleh : Adika Mukti Adjie

            Materi ini dibawakan oleh Kak Rizaldy beliau mengawalinya dengan mendefinisikan apa itu moral , beliau menyebut bahwa moral adalah kemampuan atau kecerdasan untuk bertindak dalam membedakan mana yang baik dan yang buruk, yang indah dengan yang tidak, yang pantas dengan yang tidak pantas. Lantas beliau juga menyebut bahwasanya akhlak yang saat ini terjadi kebanyakan di masyarakat itu berbelok dikarenakan berbias dan kurangnya kemampuan untu berfikir.
            Padahal lanjut beliau moral itu sangat penting sekali dalam pondasi kehidupan hal ini dibuktikan dengan banyaknya para ulama di tahun 200-400 M yang menulis berbagai kitab tentang moral. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa Inggris bisa semaju sekarang juga dikarenakan hebatnya moral para masyarakat disana begitu pula dengan Jepang padahal seperti yang kita ketahui di tahun 45 Jepang menjadi negara yang bisa dikatakan kacau dikarenakan bom atom yang dijatuhkan di dua kota oleh Amerika Serikat, akan tetapi sekarang justru jauh lebih maju dari Indonesia , Republik kita yang tak pernah di bom atom oleh negara manapun.
            Moral pada tingkatan tertingginya disebut dengan ihsan yakni apabila seseorang yang menyembah Allah seolah-olah ia melihat-Nya, dan jika ia tidak mampu membayangkan melihat-Nya, maka orang tersebut membayangkan bahwa sesungguhnya Allah melihat perbuatannya. Namun moral itu harus terbentuk dengan proses pemaksaan , proses pembiasaan yang disebut dengan Tarbiyah.
            Lalu selanjutnya dijelaskan tahap-tahapan keimanan yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu : What you know à what you understand à what you believe kebanyakan masyarakat pada saat ini hanya sampai pada tahapan what you know dikarenakan kebanyakan dari orangtua mereka hanya menjelaskan dan mewarisi tentang bentuk islam bukan menjelaskan tentang pemikiran islam seperti contohnya anak disuruh untuk sholat tanpa pernah tahu untuk apa mereka sholat. Padahal sejatinya teramat sangat penting sekali untuk menjelaskan tentang pemikiran islam karena negara-negara barat saja mereka maju dikarenakan mentranslasi berbagai kitab umat islam seperti yang terjadi di andalusia pada saat itu.
            Islam punya suatu hal yang disebut dengan Maqashid asy-syariah adalah sebuah gagasan dalam hukum Islam bahwa syariah diturunkan Allah untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Dan salah satu tujuannya yaitu untuk mencapai kemaslahatan umat. Selain itu islam juga memiliki Objective Qath’i yang dibagi menjadi 4 yaitu : Absolute, Konteks, Dynamic dan Method.
#MujahidSEF #PemudaSEF
Visit us on social media :
·         Official Website: https://www.shariaeconomicforum.org/
·         Twitter & Instagram: @ksei_sef
·         FB/Path/Linkedin: Ksei SEF Gunadarma
·         Official Linkedin: Sharia Economic Forum of Gunadarma University
·         Line: @KSEI_SEF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar