-
Perangkat lunak disain grafis yang diperlukan
dalam memperindah tampilan aplikasi perangkat lunak bergerak
Blender
Software animasi pertama yang akan kita bahas adalah Blender.
Tentu kalian yang sudah lama berkecimpung di dunia animasi sudah tidak asing
dengan software animasi yang satu ini.
Blender merupakan sorftware animasi
3D yang bisa digunakan secara gratis dan merupakan software open source.
Blender sudah banyak digunakan oleh para animator profesional untuk
menghasilkan karya 3D yang sangat luar biasa. Software ini
merupakan software multi-platform yang bisa digunakan pada platform
Linux, Windows dan Mac.
Banyak fitur keren yang ditawarkan oleh Blender meliputi :
·
Rendering
dengan menggunakan Cycles, pelacak jalur kelas atas
·
Tools
Modelling yang sangat banyak, seperti sculpting, retopology, modelling,
curve
·
Animasi
tools yang dan Rigging yang cepat
·
VFX
yang dilengkapi dengan Compositor yang terpasang lengkap dan Camera yang
siap mengikuti object.
·
Dilengkapi
dengan alat simulasi yang kuat
·
Support dengan banyak format file
·
Terdapat tools
standart untuk mengedit video, membuat game 3D, dan scripting
·
UI
Blender sangat fleksibel dapat disesuiakan dengan keinginan kita
KeyShot
Satu lagi software animasi 3D yang bisa
kalian gunakan secara gratis adalah KeyShot. KeyShot adalah perangkat
lunak rendering 3D yang cepat dan mudah digunakan dengan kemampuan animasi.
Selain untuk animasi 3D software ini juga bisa digunakan untuk
membuat animasi 2D.
Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh KeyShot
adalah real-time rendering sehingga menampilkan hasil secara
instan dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk membuat produk yang
realistis.
KeyShot memiliki sejumlah fitur untuk mendukung
animasi dan rendering 3D seperti:
·
Real-time
Render Quality yang memberikan
hasil rendering yang maksimal
·
Flesibel
akses menggunakan mouse maupun denganjari (untuk model touch screen)
·
Kontrol
kamera yang memungkinkan pengguna untuk mensimulasikan perilaku kamera dunia
nyata
·
Tekstur
yang dinamis untuk mensimulasikan tampilan lanskap didunia nyata
·
Focus
Caustics untuk memastikan
objek diterangi dengan benar
Toon Boom Harmony
Logo Toon Boom Harmony
Toon Boom merupakan salah satu software animasi
2D yang banyak cukup terkenal dikalangan para animator khususnya dikalangan
animator luar negeri. Toon Boom merupakan software animasi
2D yang bisa dibilang cukup "ramah" bagi pemula karena antarmuka
dan tools yang tidak terlalu sulit untuk digunakan namun akan
menjadi luar biasa saat digunakan oleh profesional.
Dikutip dari toonboom.com, software ini
seringkali digunakan oleh Universal Studio, Nelvana, Catoon
Network, Dream Works, Tezuka Production, Toei Animation, dan masih banyak
studio animasi yang menggunakan software ini. Jumlah alat
dan opsi yang tersedia di Toon Boom Harmony menjadikannya salah satu software animasi
2D terbaik.
Beberapa fitur bagus yang ditawarkan Toon Boom
Harmony , meliputi :
·
tersedia tools
brush dan pallete warna untuk gambar vector maupun
bitmap
·
tersedia
fitur animasi frame-by-frame
·
kontrol
yang lebih kreatif ketika mengintegrasikan elemen 3D dengan karakter 2D
·
dilengkapi
dengan efek khusus, compositor, dan angle kamera
·
buat
asset game 2d dengan mudah
·
kompatibel
dengan berbagai format pipelines.
OpenToonz
Software OpenToonz ini merupakan software open source sehingga
kita bisa memodifikasi kode software ini sesuai dengan
kebutuhan kita. OpenToonz termasuk dalam salah satu jajaran software animasi
2D yang bisa dinikmati secara gratis alias free tidak
peduli tujuan penggunaannya komersial atau tidak.
Software ini bahkan sering digunakan studio-studio animasi
seperti Studio Gibli (The Secret World of Arrietty), Studio Ponoc (Mary
and The Witch's Flower), Kamikaze Douga (Batman Ninja), dan Studio
Madhouse (OKKO'S Inn).
Fitur yang ditawarkan oleh
software OpenToonz ini meliputi :
·
Menghasilkan
cahaya yang mendramatisir
·
Mengubah
gaya gambar
·
Membuat
distorsi bergelombang
·
Pindai
empat jenis gambar berbeda di dalam produk
Moho Pro 12
Moho Pro 12 yang sebelumnya memiliki nama Anime
Studio Pro merupakan salah satu software animasi 2D untuk profesional. Software ini
digunakan pada animasi pemenang penghargaan OSCAR seperti The
Breadwinner dan Song of the Sea.
Software ini menawarkan sistem rigging 2D
paling bagus dan mengkombinasikan dengan alat animasi tradisional (frame-by-frame),
memungkinkan untuk mendapatkan hasil profesional yang lebih mudah dan lebih
cepat.
Fitur khusus yang ditawarkan oleh Moho Pro 12
meliputi :
·
Desain
antarmuka yang intuitif
·
Smart
Bones, Smart Warp, Bezier untuk
mengoptimalkan animasi
·
Profesional
Timeline
·
Frame-by-frame
tools
·
Motion
tracking
·
Motion
graphs
-
Proses disain grafis : Animasi
4 PROSES PEMBUATAN ANIMASI :
1. Storyboard
Dalam storyboard, seorang animator membuat alur
cerita dari awal sampai penting. Pembuatan storyboard sangatlah penting untuk
proses selanjutnya ketika produksi, apalagi jika pembuatan animasi dilakukan
secara berkelompok. Pembuatan storyboard selain mengenai alur cerita, tapi juga
mengenai ekspresi ketika beradegan, komunikasi dalam bentuk apapun, dan juga
detil-detil lain yang bersifat menjelaskan jalannya cerita. Storyboard yang
bagus akan berpengaruh pada efektifitas pembuatan animasi secara keseluruhan,
penting!
2. Desain karakter
Setelah alur cerita sudah dibuat, karakter yang
bermain di dalamnya harus mulai dibuat. Seperti disebutkan diatas, ekspresi
menjadi penting bagi sebuah karakter. Seringkali animator melakukan pengambilan
gambar dengan video untuk melihat refeerensi ekspresi. Tipsnya adalah, pastikan
setiap ekspresi atau sikap dapat tergambar jelas, antara kalian ambil gambarnya
sendiri atau mencari referensi ekspresi atau kegiatan serupa melalui Youtube.
3. Masa Produksi
Dalam masa produksi, banyak yang perlu
dilakukan. Yang pertama adalah membuat frame kunci dan in between. Frame kunci
(keyframe) adalah gambar sketch yang berisikan gambaran besar suatu cerita,
sedangkan in between adalah penyempurnaan gambar keyframe dengan menambahkan
gerakan objek dalam cerita tersebut.
Setelah gambar sudah jadi di komputer, maka
proses selanjutnya adalah melakukan pewarnaan pada objek-objek dalam setiap
frame.
4. Editing dan finishing
Nah dalam tahap terakhir, dilakukan tahap
seperti menggabungkan frame-frame yang sudah dibuat, lalu memberikan suara (jika
diperlukan) dan melakukan editing pada video yang sudah jadi. Penyesuaian dalam
video editing yang diperhatikan seperti durasi, dubbing, transisi antar frame,
dan lain-lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar