Sabtu, 19 Oktober 2019

M 9-10, Perangkat lunak disain grafis yang diperlukan dalam memperindah tampilan aplikasi perangkat lunak bergerak



-         Perangkat lunak disain grafis yang diperlukan dalam memperindah tampilan aplikasi perangkat lunak bergerak

Blender
Software animasi pertama yang akan kita bahas adalah Blender. Tentu kalian yang sudah lama berkecimpung di dunia animasi sudah tidak asing dengan software animasi yang satu ini.

Blender merupakan sorftware animasi 3D yang bisa digunakan secara gratis dan merupakan software open source. Blender sudah banyak digunakan oleh para animator profesional untuk menghasilkan karya 3D yang sangat luar biasa. Software ini merupakan software multi-platform yang bisa digunakan pada platform Linux, Windows dan Mac. 
Banyak fitur keren yang ditawarkan oleh Blender meliputi :
·         Rendering dengan menggunakan Cycles, pelacak jalur kelas atas
·         Tools Modelling yang sangat banyak, seperti sculpting, retopology, modelling, curve
·         Animasi tools yang dan Rigging yang cepat
·         VFX yang dilengkapi dengan Compositor yang terpasang  lengkap dan Camera yang siap mengikuti object.
·         Dilengkapi dengan alat simulasi yang kuat
·         Support dengan banyak format file
·         Terdapat tools standart untuk mengedit video, membuat game 3D, dan scripting
·         UI Blender sangat fleksibel dapat disesuiakan dengan keinginan kita

KeyShot

Satu lagi software animasi 3D  yang bisa kalian gunakan secara gratis adalah KeyShot. KeyShot adalah perangkat lunak rendering 3D yang cepat dan mudah digunakan dengan kemampuan animasi. Selain untuk animasi 3D software ini juga bisa digunakan untuk membuat animasi 2D.
Salah satu  keunggulan yang ditawarkan oleh KeyShot adalah real-time rendering sehingga menampilkan hasil secara instan dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk membuat produk yang realistis.
KeyShot memiliki sejumlah fitur untuk mendukung animasi dan rendering 3D seperti:
·         Real-time Render Quality yang memberikan hasil rendering yang maksimal
·         Flesibel akses menggunakan mouse maupun denganjari (untuk model touch screen)
·         Kontrol kamera yang memungkinkan pengguna untuk mensimulasikan perilaku kamera dunia nyata
·         Tekstur yang dinamis untuk mensimulasikan tampilan lanskap didunia nyata
·         Focus Caustics untuk memastikan objek diterangi dengan benar

Toon Boom Harmony

Logo Toon Boom Harmony
Toon Boom merupakan salah satu software animasi 2D yang banyak cukup terkenal dikalangan para animator khususnya dikalangan animator  luar negeri. Toon Boom merupakan software animasi 2D yang bisa dibilang cukup "ramah" bagi pemula karena antarmuka dan tools yang tidak terlalu sulit untuk digunakan namun akan menjadi luar biasa saat digunakan oleh profesional.
Dikutip dari toonboom.com, software ini seringkali digunakan oleh  Universal Studio, Nelvana, Catoon Network, Dream Works, Tezuka Production, Toei Animation, dan masih banyak studio animasi yang menggunakan software ini. Jumlah alat dan opsi yang tersedia di Toon Boom Harmony menjadikannya salah satu software animasi 2D terbaik.
Beberapa fitur bagus yang ditawarkan Toon Boom Harmony , meliputi :
·         tersedia tools brush dan pallete warna untuk gambar vector maupun bitmap
·         tersedia fitur animasi frame-by-frame
·         kontrol yang lebih kreatif ketika mengintegrasikan elemen 3D dengan karakter 2D
·         dilengkapi dengan efek khusus, compositor, dan angle kamera 
·         buat asset game 2d dengan mudah 
·         kompatibel dengan berbagai format pipelines.

OpenToonz

Software OpenToonz ini merupakan software open source sehingga kita bisa memodifikasi kode software ini sesuai dengan kebutuhan kita. OpenToonz termasuk dalam salah satu jajaran software animasi 2D yang bisa dinikmati secara gratis alias free tidak peduli tujuan penggunaannya komersial atau tidak. 
Software ini bahkan sering digunakan studio-studio animasi seperti Studio Gibli (The Secret World of Arrietty), Studio Ponoc (Mary and The Witch's Flower), Kamikaze Douga (Batman Ninja), dan Studio Madhouse (OKKO'S Inn).

Fitur yang ditawarkan oleh software OpenToonz ini meliputi :
·         Menghasilkan cahaya yang mendramatisir
·         Mengubah gaya gambar
·         Membuat distorsi bergelombang
·         Pindai empat jenis gambar berbeda di dalam produk

Moho Pro 12

Moho Pro 12 yang sebelumnya memiliki nama Anime Studio Pro merupakan salah satu software animasi 2D untuk profesional. Software ini digunakan pada animasi pemenang penghargaan OSCAR seperti  The Breadwinner dan Song of the Sea.
Software ini menawarkan sistem rigging 2D paling bagus dan mengkombinasikan dengan alat animasi tradisional (frame-by-frame), memungkinkan untuk mendapatkan hasil profesional yang lebih mudah dan lebih cepat.

Fitur khusus yang ditawarkan oleh Moho Pro 12 meliputi :
·         Desain antarmuka yang intuitif
·         Smart Bones, Smart Warp, Bezier untuk mengoptimalkan animasi
·         Profesional Timeline
·         Frame-by-frame tools
·         Motion tracking
·         Motion graphs

-         Proses disain grafis : Animasi
4 PROSES PEMBUATAN ANIMASI :
1. Storyboard
Dalam storyboard, seorang animator membuat alur cerita dari awal sampai penting. Pembuatan storyboard sangatlah penting untuk proses selanjutnya ketika produksi, apalagi jika pembuatan animasi dilakukan secara berkelompok. Pembuatan storyboard selain mengenai alur cerita, tapi juga mengenai ekspresi ketika beradegan, komunikasi dalam bentuk apapun, dan juga detil-detil lain yang bersifat menjelaskan jalannya cerita. Storyboard yang bagus akan berpengaruh pada efektifitas pembuatan animasi secara keseluruhan, penting!

2. Desain karakter
Setelah alur cerita sudah dibuat, karakter yang bermain di dalamnya harus mulai dibuat. Seperti disebutkan diatas, ekspresi menjadi penting bagi sebuah karakter. Seringkali animator melakukan pengambilan gambar dengan video untuk melihat refeerensi ekspresi. Tipsnya adalah, pastikan setiap ekspresi atau sikap dapat tergambar jelas, antara kalian ambil gambarnya sendiri atau mencari referensi ekspresi atau kegiatan serupa melalui Youtube.

3. Masa Produksi
Dalam masa produksi, banyak yang perlu dilakukan. Yang pertama adalah membuat frame kunci dan in between. Frame kunci (keyframe) adalah gambar sketch yang berisikan gambaran besar suatu cerita, sedangkan in between adalah penyempurnaan gambar keyframe dengan menambahkan gerakan objek dalam cerita tersebut.
Setelah gambar sudah jadi di komputer, maka proses selanjutnya adalah melakukan pewarnaan pada objek-objek dalam setiap frame.

4. Editing dan finishing
Nah dalam tahap terakhir, dilakukan tahap seperti menggabungkan frame-frame yang sudah dibuat, lalu memberikan suara (jika diperlukan) dan melakukan editing pada video yang sudah jadi. Penyesuaian dalam video editing yang diperhatikan seperti durasi, dubbing, transisi antar frame, dan lain-lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar