Senin, 02 September 2019

Fundamental Ekonomi Islam


Pemateri : Kak Rizky Rizaldy
Oleh : Adika Mukti Adjie


Ekonomi konvensional adalah ekonomi yang menitikberatkan pada keinginan manusia yang tak terbatas sedangkan sumberdaya atau produk yang beredar di masyarakat itu terbatas. Sedangkan Ekonomi Islam berbicara tentang bagaimana  goal oriented diciplin yang berarti ekonomi Islam tidak hanya mempelajari bagaimana cara (means) pengalokasian sumber daya yang terbatas secara efisien tetapi juga mempelajari tujuan (ends) dari penggunaan sumber daya tersebut.
Ekonomi islam juga membicarakan tentang bagaimana membentuk masyarakat yang ideal , bagaimana cara merealisasikannya dengan melandaskan kepada Alqur’an dan Hadits. Dan masyarakat ideal itu adalah yang terwujudnya 5 Maqasidh Syariah namun ada tiga halangan yang terjadi di masyarakat yang membuat hal itu sulit terwujud yakni :
·         Al aql = merendahkan akal
·         Al maal = merendahkan harta
·         dan yang ketiga yaitu Amal jama’i = yaitu kurangnya beramal maupun berinfak secara berjamaah.
Adapun cara untuk meluruskan halangan tersebut yakni :
o   Keridhaan Allah
o   Kerja Keras
o   Persatuan
Lebih lanjut Maqashid Syariah beliau analogikan seperti manusia yang diturunkan di dalam hutan dan memiliki tugas untuk mencari Allah dalam kata lain manusia harus berusaha dulu untuk menebang pohon yang ada disana. Maqashid Syariah harus diterapkan dikarenakan hal tersebut merupakan suatu jalan untuk mencapai keimanan serta mencapai kemakmuran. Hal tersebut dikarenakan kefakiran pada akhirnya akan mendekatkan kepada kekafiran.
Sebagai umat islam kita diharuskan 100% dalam setiap aspek kehidupan tidak boleh setengah-setengah dalam menjalani apapun, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara kerja keras serta belajar dengan sungguh-sungguh.
Selain itu beliau juga menyebutkan ada 3 jenis manusia yaitu :
o   Homo Islamicus
o   Homo Economicus
o   Homo Sapiens
#MujahidSEF #PemudaSEF
Visit us on social media :
·         Official Website: https://www.shariaeconomicforum.org/
·         Twitter & Instagram: @ksei_sef
·         FB/Path/Linkedin: Ksei SEF Gunadarma
·         Official Linkedin: Sharia Economic Forum of Gunadarma University
·         Line: @KSEI_SEF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar